Cara Memotong Karkas Domba Dan Kambing Yang Baik

Potongan karkas daging domba atau kambing adalah potongan dari bagian tubuh domba atau kambing  yang telah di sembelih sesuai dengan syarat agama islam.

Dalam domba atau kambing tersebut yang sudah halal dan dapat di konsumsi oleh siapapun. Pada Potongan karkas domba dan kambing terdiri dari bulu,kulit, lemak, organ, Pada tubuh domba dan kambing,terdiri dari ekor, kaki, kepala, yang telah telah dari tubuh.Bagian karkas terdiri dari daging dan tulang kambing yang kemudian akan di masak dan di konsumsi.  Karkas daging tersebut ada yang agak lembab, merah khas daging homogen, tebal, muda/dewasa, bau dan lain-lain. Perbedaan karakteristik tersebut di pengaruh oleh beberapa hal, seperti  kesehatan kambing, umur kambing dan cara menyimpan daging kambing yang sudah di karkas. Dalam potongan karkas daging kambing/domba tentu ada beberapa jenis potongan karkas, yang kemudian memiliki nama masing-masing. Seperti shoulder, breast, flank, fore sank, leg, lion, tenderloin dan rack yaitu

Leg adah bagian karkas yang bisa di dapatkan dengan cara memotong pada bagian paha. Pemotongan bisa di mulai pada bagian vertebrae sendi patella. Karkas leg ini biasanya paling banyak terdapat daging. Sebab karkas yang di potong pada paha belakang rata-rata pasti memiliki daging yang empuk dan tebal.

Karkas shoulder merupakan potongan yang diambil pada bagian bahu domba. Dalam proses pemotongan, lebih baik menggunakan peralatan pisau yang steril dan tajam. Agar saat memotong karkas bisa rapi dan sempurna. Sebab tidak semua jenis karkas domba sama. Hal tersebut mungkin dipengaruhi oleh umur kambing yang akan sembelih.

rack adalah memotong bagian karkas kambing dan domba pada bagian depan antara rusuk dengan rusuk lainnya.

Breast adalah komponen karkas yang terdapat ada bagian dada atau bagian stearnum yang membentuk lurus kebelakang hingga proyeksi dari vertebrae lumbalis. Karkas breast ini dengan cara memotong pertautan rusuk pertama dan sternum ke belakang hingga rusuk.

Flank adalah bagian karkas kambing yang diambil dari bagian sisi dari ujung costau, ujung dada dan perbatasan pangkal paha kambing, setelah itu potongan karkas flank dapat diperoleh dengan cara memotong dari rusuk mencapai inglinguinalis, yang masih pemula lebih baik hitung satu-satu tulang rusuk kambing.

Tenderloin merupakan pemotongan tulang pelvis. Potongan tulang pelvis di pisahka dari tulang illium. Proses memisahkan pelvis dari tulang illium tentu tidak sembarangan. Kita bisa memisahkan perlvis dari tulang illium dengan cara menarik secara perlahan otot tersebut hingga terpisah. Setelah itu lapisan lemak atas dan bawah di bersihkan samapi steril. Lemak pada tulang jangan di buang. 

Fore sank adalah bagian dari potongan tubuh kambing dan domba dengan cara memisahkan pangkal pada bagian humerus dengan karkas pada bagian depan, atau ada beberapa pendapat komponen karkas yang terdapat pada bagian lengan depan tubuh kambing dan domba yang jelas fore sank ini terdapat pada bagian lengan depan kambing.

 

Ion adalah karkas yang terdapat pada bagian pinggang tubuh domba atau kambing, Cara untuk mendapatkan potongan karkan lion adalah dengan cara memotong karkas bagian depan, di antara rusuk, setelah itu memotong pada bagian belakang kaki dan potong lagi pada daerah partautan.

Sumber: https://www.dutapersadajogja.com/categories/detail/237/potongan-karkas-daging-kambingdomba

.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.